Pages

Wednesday, October 17, 2012

MANAJAEMEN DAN ORGANISASI


1.    PENGERTIAN MANAJEMEN DAN MANAJER
Menurut Prof. Oei Liang Lee:
Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Manjemen merupakan kegiatan pokok yang dilakukan oleh seorang pimpinan atau manajer untuk mengolah input menjadi output melalui proses manajemen
 
1.    FUNGSI MANAJEMEN
a.      Planning (perencanaan) : suatu fungsi pemilihan alternatif melalui suatu proses yang rasional untuk mengambil keputusan terhadap objective perusahaan, policy, program maupun proseduruntuk memperbaikinya.
b.      Organizing (pengorganisasian) : menentukan macam kegiatan serta umlah kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan maupun pengelompokan kegiatan-kegiatan. 4 bagian penting dalam organizing adalah:
·         Staffing
·         Delegation of authority
·         Departementasi
·         Personalia.
c.       Directing (pengarahan) : kegiatan yang khususnya ditunjukan untuk mengatasi dan mengarahkan bawahan sehingga seorang pimpinan secara manusiawi bisa mengikat bawahan untuk bekerja sama secara sukarela untuk mencapai tujuan organisasi.
d.      Coordinating (koordinasi) : fungsi yang dilakukan oleh seorang manajer agar terdapat suatu komunikasi dan kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiatan sehingga bisa mencapai tujuan.
e.      Controlling (pengawasan) : melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan apabila terjadi penyimpangan pelaksanaan perencanaan yang telah ditetapkan.

2.    PENGERTIAN ORGANISASI
a.      Merupakan sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan oleh pimpinan perusahaan yang bersangkutan.
3 elemen pokok organisasi:
·         Interaksi manusia
·         Kegiatan yang mengarah pada tujuan
·         Struktur organisasi itu sendiri.
b.     Pola organisasi
·         Oragnisasi Formal: dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertentu yang dirancang oleh seorang manajer agar pekerjaan bisa sesuai aturan yang telah disepakati bersama.
·         Organisasi Informal: keberadaannya tidak direncanakan. Tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secra tidak sadar terjadi keberadaannya dan tanpa wewenang formal.
c.      Struktur Organisasi
·         Interaksi kemanusiaan
·         Kegiatan yang terarah pada tujuan
·         Struktur
d.     Bentuk Organisasi
1.      Organisasi Lini
2.      Organisasi Fungsional
3.      Organisasi Lini dan Staff
4.      Organisasi Fungsional dan Lini
5.      Organisasi Matrik
6.      Organisasi Komite
 
a.      Perilaku keorganisasian
·         Kerja kelompok
·         Motivasi

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2012 Just the way I am :p. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates