1.
PENGERTIAN MANAJEMEN DAN MANAJER
Menurut Prof. Oei Liang Lee:
Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan,
mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan
alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Manjemen merupakan kegiatan pokok yang dilakukan oleh seorang pimpinan
atau manajer untuk mengolah input menjadi output melalui proses manajemen
1.
FUNGSI MANAJEMEN
a. Planning (perencanaan) : suatu fungsi pemilihan alternatif melalui suatu proses yang
rasional untuk mengambil keputusan terhadap objective perusahaan, policy,
program maupun proseduruntuk memperbaikinya.
b. Organizing (pengorganisasian) : menentukan macam kegiatan serta umlah kegiatan yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan maupun pengelompokan
kegiatan-kegiatan. 4 bagian penting dalam organizing adalah:
·
Staffing
·
Delegation
of authority
·
Departementasi
·
Personalia.
c. Directing (pengarahan) : kegiatan yang khususnya ditunjukan untuk mengatasi dan
mengarahkan bawahan sehingga seorang pimpinan secara manusiawi bisa mengikat
bawahan untuk bekerja sama secara sukarela untuk mencapai tujuan organisasi.
d. Coordinating (koordinasi) : fungsi yang dilakukan oleh seorang manajer agar terdapat
suatu komunikasi dan kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan
kegiatan sehingga bisa mencapai tujuan.
e. Controlling (pengawasan) : melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan apabila terjadi
penyimpangan pelaksanaan perencanaan yang telah ditetapkan.
2.
PENGERTIAN ORGANISASI
a.
Merupakan sarana untuk mencapai
tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan
oleh pimpinan perusahaan yang bersangkutan.
3 elemen pokok organisasi:
·
Interaksi
manusia
·
Kegiatan
yang mengarah pada tujuan
·
Struktur
organisasi itu sendiri.
b. Pola organisasi
·
Oragnisasi Formal: dibentuk secara sadar dan mempunyai
tujuan tertentu yang dirancang oleh seorang manajer agar pekerjaan bisa sesuai
aturan yang telah disepakati bersama.
·
Organisasi Informal: keberadaannya tidak direncanakan.
Tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secra tidak sadar terjadi
keberadaannya dan tanpa wewenang formal.
c. Struktur Organisasi
·
Interaksi
kemanusiaan
·
Kegiatan
yang terarah pada tujuan
·
Struktur
d. Bentuk Organisasi
1. Organisasi Lini
2. Organisasi Fungsional
3. Organisasi Lini dan Staff
4. Organisasi Fungsional dan Lini
5. Organisasi Matrik
6. Organisasi Komite
a. Perilaku keorganisasian
·
Kerja
kelompok
·
Motivasi
0 comments:
Post a Comment